Penerimaan Mahasiswa Baru | Jalur SNMPTN | PBUD

Pekanbaru, www.unri.ac.id - Universitas Riau (UR) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun 2012. Penerimaan mahasiswa terbagi kepada dua jalur; Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Jalur Ujian Mandiri. Jalur SNMPTN dikelola oleh pusat, sedangkan Jalur Ujian Mandiri dikelola oleh UR sendiri. Hal ini disampaikan oleh  Kepala Puskom, Defrianto DEA, Rabu (22/2) lalu.


"SNMPTN ada dua bagian; Jalur Undangan dan Tertulis, sedangkan Ujian Mandiri terdiri dari; Jalur PBUD dan Ujian Tulis. Kita hanya mengelola Ujian Mandiri, sementara SNMPTN dikelola oleh pusat," ungkapnya.
Selain itu, tambah Defri, pendaftaran semua jalur dilakukan secara online. Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dari tanggal 1 Februari- 8 Maret 2012 melalui http://undangan.snmptn.ac.id. Pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis dari tanggal 10-31 Mei 2012 melalui http://ujian.snmptn.ac.id.  Pendaftaran Ujian Mandiri Jalur PBUD/PBM dari tanggal 6 Februari- 31 Maret 2012 melalui http://pbud.unri.ac.id. Sedangkan Pendaftaran Ujian Mandiri Jalur Ujian Tulis dari tanggal 2-23 Juli 2012 melalui http://um.unri.ac.id.
Defri menjelaskan, saat ini UR sedang menerima Jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD). "Sampai hari ini sudah ada 203 Sekolah di Riau dan Kepulauan yang sudah mendaftar dengan merekomendasikan siswa sebanyak 3024 orang. Dan sebanyak 380 orang sudah membayar uang pendaftaran," jelasnya.

Dari segi jumlah, tahun ini penerimaan mahasiswa melalui Jalur PBUD diperbanyak. Tahun sebelumnya sebelumnya, 40 persen untuk PBUD, 60 persen untuk Ujian Tulis, sementara tahun ini 60 persen untuk PBUD dan 40 persen untuk Ujian Tulis. Ini bertujuan agar peluang calon mahasiswa yang berasal dari daerah lebih besar. "Pembagian ini ditetapkan saat rapat DPH Universitas, kita berikan peluang daerah lebih besar dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Walaupun peluang daerah lebih besar, tahun ini ada sebanyak 79 sekolah yang di black list, artinya tahun ini tidak diperbolehkan mengikuti PBUD . Ini adalah sanksi bagi sekolah tahun kemaren yang sudah merekomendasi siswanya untuk ikut PBUD, namun setelah lulus (diterima, Red) siswa tersebut tidak mendaftar. (Mukmin/UR News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkomentar