Beberapa Pertanyaan Penting Pengantar Bisnis

Pengantar Bisnis | Awal-awal masuk kuliah sih belom tahu mo ngambil fakultas dan jurusan apa buat lanjutin jenjang pendidikan blogger RKampus masih bingung. Tepatnya ketika telah selesai masa SMA blogger baru deh sibuk mo pilih yang mana akhirnya jatuh juga pilihan di Fakultas Ekonomi Jurusan manajemen.Singkat cerita ketemua ma mata kuliah pengantar bisnis ini ada beberapa pertanyaan dari dosen soal mata kuliah ini...

Jelaskan definisi ringkas mengenai pengertian bisnis dan motif seseorang atau organisasi melakukan kegiatan bisnis ?

·        Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
·        Motif seseorang dan sebuah oraganisasi melakukan kegiatan bisnis dikarenakan keterbatasan sumber daya atau dengan istilah scar city
Dan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya sehingga dapat memenuhi kebutuhaan primer, sekunder dan tersier suatu individu maupun kelompok.

2.     Untuk menjalankan kegiatan bisnis, perusahan memerlukan apa yang dinamakan faktor-faktor produksi. Uraikan secara ringkas mengenai factor produksi tersebut ?

·        Modal
Yang dimaksud dengan modal adalah barang-barang atau peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan proses produksi. Modal dapat digolongkan berdasarkan sumbernya, bentuknya, berdasarkan pemilikan, serta berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sumbernya, modal dapat dibagi menjadi dua: modal sendiri dan modal asing. Modal sendiri adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Misalnya setoran dari pemilik perusahaan. Sementara itu, modal asing adalah modal yang bersumber dari luar perusahaan. Misalnya modal yang berupa pinjaman bank.
Berdasarkan bentuknya, modal dibagi menjadi modal konkret dan modal abstrak. Modal konkret adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dalam proses produksi. Misalnya mesin, gedung, mobil, dan peralatan. Sedangkan yang dimaksud dengan modal abstrak adalah modal yang tidak memiliki bentuk nyata, tetapi mempunyai nilai bagi perusahaan. Misalnya hak paten, nama baik, dan hak merek.


·        Tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai faktor produksi asli. Dalam faktor produksi tenaga kerja, terkandung unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja dapat dikelompokan berdasarkan kualitas (kemampuan dan keahlian) dan berdasarkan sifat kerjanya.
Tenaga kerja manusia dapat diklasifikasikan menurut tingkatannya (kualitasnya) yang terbagi atas:
a). Tenaga kerja terdidik (skilled labour), adalah tenaga kerja yang memperoleh pendidikan baik formal maupun non formal.
Contoh: guru, dokter, pengacara, akuntan, psikologi, peneliti.
b). Tenaga kerja terlatih (trained labour), adalah tenaga kerja yang memperoleh keahlian berdasarkan latihan dan pengalaman.
Contoh: montir, tukang kayu, tukang ukir, sopir, teknisi.
c)  Tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih (unskilled and untrained labour), adalah tenaga kerja yang mengandalkan kekuatan jasmani daripada rohani.
Contoh: tenaga kuli pikul, tukang sapu, pemulung, buruh tani.

·        Kewirausahaan
Faktor kewirausahaan adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinir faktor-faktor produk

·        Sumber daya informasi
Sumber daya informasi adalah seluruh data yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Data ini bisa berupa ramalan kondisi pasar, pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan, dan data-data ekonomi lainnya.







3.     Jelaskan tiga bentuk sistem perekonomian yang ada saat ini ?

·        SISTEM EKONOMI LIBERAL(KAPITALIS)
System ekonomi liberal adalah system perekonomian yang menghendaki kebebasan dalam sendi ekonomi.
Ciri – ciri system perekonomian LIBERAL (KAPITALIS) :
a. Setiap individu bebas memilih pekerjaan.
b. setiap individu bebas memiliki alat alat produksi
c. setiap individu bebas mengadakan persaingan

Kelemahan Sistem Ekonomi Liberal :
a. Tidak ada kekuatan yang dapat melindungi hak kepemilikan .
b. Orang yang tidak mempunyai sumber daya yang dijual akan
menderita dan kelaparan.
c. Beberapa produsen akan berusaha memonopoli pasar dengan cara mengurangi   persaingan

·        SISTEM EKONOMI SOSIALIS(ETATISME)
Sistem ekonomi yang segala bentuk kegiatan ekonomi dikuasai,dikelola, dan di kendalikan oleh Pemerintah Pusat. Negara penganut yaitu RRC, POLANDIA RUMANIA, dll.

Ciri – ciri sistem perekonomian Sosialis.
a. Perekonomian diatur dan dikuasai oleh pemerintah.
b. Produksi disesuaikan dengan dan daya beli masyarakat
c. Negara memiliki monopoli dalam hal yang menyangkut orang banyak

Kelemahan Sistem Ekonomi ETATISME(SOSIALIS) :
a. Pengelolaan perekonomian merupakan suatu hal yang rumit.
b. Tidak ada individu yang memiliki sumber daya
c. Tiap tiap individu mempunyai kebebasan yang relative terbatas dalam membuat ekonomi.





·        SISTEM EKONOMI CAMPURAN

Sistem ekonomi yang memadukan antara system perekonomian LIBERAL dengan KAPITALIS.
Ciri – ciri sistem perekonomian CAMPURAN :
a. pemerintah ikut aktif dalam kegiatan ekonomi
b. Hak milik swasta atas alat produksi diakui asalkan
penggunaannya tidak merugikan kepentingan umum,
c. Pemerintah mengadakan pengawasan dan bimbingan serta
bantuan kepada swasta.

4.     Untuk menjalankan kegiatan perusahaan, selain faktor produksi terdapat unsur-unsur pelengkap dalam pengelolaan perusahaan. Jelaskan unsur pelengkap tersebut ?

·        Kas ( Cash ) adalah alat pembayaran yang dimiliki perusahaan dan siap digunakan , seperti cek kontan, uang tunai (uang kertas dan uang logam ).
·        Piutang ( Account Receivable) adalah hak perusahaan yang masih dibawa oleh pihak lain. Seperti tagihan atas penjualan, tagihan kepada karyawan atas pinjamannya ke perusahaan.
·        Perlengkapan Kantor ( Office Supplies) adalah barang/bahan pelengkap aktivitas perusahaan yang biasanya berumur pendek (kurang dari satu tahun) yang habis karena pemakaian, seperti kertas, pulpen, tinta, dll.
·        Peralatan Kantor( Office Equipments) adalah alat-alat yang dimiliki perusahaan dan digunakan dalam operasi jangka panjang, seperti : meja, kursi, komputer, dsb.
·        Kendaraan (Vehicles) adalah alat transportasi yang dimiliki perusahaan dan digunakan di dalam operasi.
·        Tanah (Land) adalah lahan berupa tanah kosong atau lahan tempat suatu bangunan berdiri yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan untuk aktivitas usaha rutin.
·        Hutang Usaha ( Account Payable) adalah kewajiban untuk membayar sejumlah uang, barang atau jasa kepada pihak lain yang timbul akibat transaksi yang dilakukan perusahaan di masa lalu.

·        Modal/Modal Saham (Capital/Capital Stocks = Owner’s Equity)
menunjukkan setoran harta pemilik kepada perusahaan yang sekaligus sebagai bukti kepemilikan. Setoran harta dapat berupa uang tunai ataupun harta lain seperti mesin, tanah, gedung, dsb.
·        Prive (Drawing/Withdrawals) adalah pengambilan uang perusahaan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadi.
·        Deviden (Dividends) adalah bagian dari laba usaha perusahaan yang dibagikan kepada pemilik perusahaan (pemegang saham) sebagai imbalan atas setoran modal pemilik. Aktivitas pembagian deviden hanya dilakukan di dalam perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Perusahaan berbentuk perseorangan atau firma, tidak menggunakan akun deviden.
·        Pendapatan (Revenues) adalah kenaikan modal perusahaan yang timbul akibat penjualan produk perusahaan. Istilah pendapatan biasanya digunakan oleh perusahaan jasa, sedangkan perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur lebih banyak menggunakan istilah Penjualan (sales) untuk menampung transaksi yang sama.
·        Beban (Expenses) adalah pengorbanan ekonomis untuk memperoleh barang atau jasa yang manfaatnya dinikmati hanya dalam waktu satu tahun atau satu periode akuntansi saja.

5.     Jelaskan perbedaan antara barang dan jasa. Terangkan penggolongannya ?

Barang supplies adalah barang-barang yang digunakan untuk melengkapai kebutuhan dalamkegiatan perusahaan yang sifatnya habis dipakai dan nilainya relatif kecil.
barang supplies ada 2 macam yaitu sebagai berikut :
Barang supplies yang habis dipakai, yaitu barang-barang yang hanya dapat digunakan dalam satu kali pakai dalamkegiatan perrusahaan. Hal ini berarti selalu habis tanpa meninggalkan bekas dalam pemakaiannya.Misalnya:Perlengkapan kantor : Kertas, karet penghapus, tinta,alat tullis, map,amplop, karbon dllPerlengkapan toko : Kertas pembungkus, plastik, buku nota, talirafia, dllPerlengkapan salon : Kosmetik, shampoo, cream dllPerlengkapan bengkel : Oli, bensin, paslin, amplas, dll2. Barang supplies tidak habis pakai, yaitu barang-barang yang dapat digunakan berulang-ulang dan tahan lamadalam pemakaiannya.Misalnnya:Perlengkapan kantor : Gunting, steples, pelubang kertas (perforator),cap tanggalan, bantalan cap, bak-bak surat,dll Perlengkapan toko : Timbangan, meteran, gunting, kalkulator, dll Perlengkapan salon : Sisir, sabun, handuk, rak kosmetik, dll. Perlengkapan bengkel : Kunci pas, obeng, perlengkapan bengkellainnya (spare part),Sedangkan
Jasa (service) adalah aktivitas atau manfaat yang
ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada
dasarnya tanpa wujud dan tidak menghasilkan kepemilikan
apapun.

Produksinya mungkin terikat atau tidak pada produk fisik, aktivitasnya seperti menyewakan kamar hotel.Jadi perusahaan jasa yang berhasil memfokuskan perhatiannya pada karyawan dan pelanggan mereka memahami rantai pelayanan laba, yang menghubungkan laba perusahaan jasa dengan kepuasan karyawan dan pelanggan.
Rantai ini terdiri dari lima rantai:

a. Layanan yang sehat mendatangkan laba dan
pertumbuhan yang baik
b. Pelanggan yang puas dan loyal
c. Karyawan jasa yang puas dan produktif
d. Nilai pelayanan lebih besar
e. Mutu pelayanan internal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih sudah berkomentar