Kegiatan Belajar Mengajar di Universitas Riau


Baru nyelesain tugas dari pak dosen tiba-tiba dapet pencerahan buat nulis sesuatu yang pastinya di harapkan informatif buat temen-temen hehe. Sekarang ini mungkin sudah banyak yah universitas di indonesia yang sudah mengencangkan sabuknya buat Go Internasional, selain di nilai dari segi bahasa yang banyak di gunakan mungkin beberapa di antara penilaiannya antara lain jumlah banyaknya dosen yang mengajar di universitas tersebut, lalu sistem pembelajarannya dan masih banyak lagi.

Kalo sekarang, seperti di universitas tempat saya belajar Universitas Riau alias “UNRI” (lebih akrabnya) alhamdulillah sudah memulai langkah untuk mengencangkan sabuknya seperti universitas-universitas besar contohnya UI, UGM, ITB dan lain-lain.

Di universitas yang saya cintai ini kalo menurut saya sendiri , sudah sangat terasa perubahannya semenjak di mulainya masuk semester 2 gitu lah (maklum masih memasuki jenjang mahasiswa baru hehe) mulai dari dosen, fasilitas, sampai setiap sistem pembelajaran yang di lakukan pada semua mata kuliah. Dan yang buat saya bingung karena ini juga berhubungan sama tugas yang baru saya selesaiin tadi sih sebenernya hehe, cara dosen pada semester ini jauh berbeda dengan sistem pembelajaran semester kemaren. 

Kalo semester kemarin semua tugas itu merupakan tanggung jawab pribadi mahasiswa/i itu sendiri, jadi perkara dikerjakan atau tidaknya tugas itu merupakan tanggung jawab pribadi. Sangat berbeda dengan semester baru kali ini semua tugas bisa jadi gak selesai karena faktor 1 (satu) orang saja, karena sistem pembelajaran kali ini menggunakan sistem kelompok jadinya setiap tugas merupakan tanggungan bagi tiap-tiap kelompok.  Jadi jika salah satu individu dari sebuah kelompok itu gak bisa bekerja sama dengan individu lain dalam kelompoknya, akibatnya bisa membahayakan individu-individu lain yang mempunyai kelompok yang sama dengan individu yang tidak bisa di ajak bekerja sama tersebut. Perbedaannya sangat terasa ketika salah satu individu sangat berusaha keras dalam menyelesaikan tugas kelompoknya namun ada individu lain yang hanya ikut dalam mempresentasikan tugas tersebut. Bagaiman menurut temen-temen???

Mungkin di universtas tempat temen-temen menuntut ilmu berbeda yah atau ternyata sama dengan yang saya rasakan ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkomentar